Wednesday 2 March 2016

Beberapa Rute Menuju Kawasan Pantai Gunungkidul Jogja

Ambuecut - Ehm, selamat datang para travelling. Jika sobat bingung mau liburan kemana, mungkin jawaban yang tepat adalah menuju Gunungkidul Yogjakarta. Kenapa Gunungkidul?? jawabannnya karena di daerah tersebut terdapat banyak pantai yang bisa memanjakan tubuh sobat. Pantai yang masih sepi atau asri, pantai untuk camping, bahkan pantai yang ramai semuanya ada di Gunungkidul.

Ambuecut in Wediombo Gunungkidul

Terdapat lebih dari 10 pantai yang bisa sobat pilih di Gunungkidul. Saya sendiri juga masih kebingungan ketika melancong ke Gunungkidul. Sampai sekarang pun belum khatam untuk mendatangi pantai yang ada di Gunungkidul. Untuk sobat yang berminat menggauli pantai-pantai yang ada di Gunungkidul bisa sobat datangi lewat jalur utama yaitu rute dari Surakarta, Klaten, dan Yogyakarta. Untuk sobat yang berdomisili di tiga tempat tersebut saya rasa tidak ada masalah, namun jika sobat berdomisili di luar ketiga daerah tersebut bisa sobat melakukan perjalanan ketiga tempat tersebut terlebih dahulu (usahakan pilih yang menurut sobat dekat dengan tempat tinggal).

Rute Menuju Kawasan Pantai Gunungkidul Jogja

Ada beberapa jalur start untuk menuju kawasan pantai gunung kidul. Berikut beberapa diantaranya.

Start Rute dari Klaten

Silahkan sobat mencari jalan untuk menuju ke arah Cawas – Semin – Karangmojo – Rongkop – Pantai Siung.

Start dari Semanu melalui Jalur Tengah (kota Klaten)

Dari Semanu silahkan sobat menuju ke Giripanggung. dari Giripanggung Selanjutnya Sumberwungu, kemudian Klayu, selanjutnya menuju ke Gude. dari Gude silahkan sobat menuju ke Blekonang. Selanjutnya dari Blekonang kemudian menuju Winangun dan Pantai Siung. Atau bisa juga dari arah Giripanggung menuju Cuelo ke selatan kemudian Winangun dan pantai Siung.

Jalur dari Timur bisa dari Pracimantoro ke arah Kecamatan Rongkop atau Baran ke selatan arah Nglindur ke Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (di tengah ada Tugunya) belok ke kanan ke pasar Jepitu kemudian lurus terus ke arah pertigaan Winangun dan belok kiri Pantai Siung.

Start dari Rute Kota Solo (Surakarta)

Solo ke Sukoharjo menuju Wonogiri ambil arah Wuryantoro kemudian Eromoko selanjutnya Pracimantoro kemudian Rongkop kemudian Girisubo kemudian Purwodadi yang masuk kecamatan Tepus dan terakhir Pantai Siung.

Alternatifnya bisa dari Timur atau Utara ke arah Song Banyu atau arah pantai Sadeng ke pertigaan ke kanan arah Pasar Ngrancah (kalau ke kiri ke Pantai Sadeng) ke pertigaan yang ada Tugu di tengah kemudian Belok Kiri arah ke Pasar Jepitu setelah itu lurus terus ke arah pertigaan Winangun dan belok kiri Pantai Siung.

Start rute dari Kota Jogjakarta

Jika sobat berangkat dari kota Yogyakarta bagian utara, bisa melalui jalan menuju Candi Prambanan kemudian ketika sampai di pertigaan lampu merah setelah jembatan di dekat Candi Prambanan sobat ambil kanan lurus aja sampai menemukan pertigaan piyungan kemudian sobat ambil kiri.

Jika sobat dari arah Jogja selatan  bisa lewat jalan wonosari atau arah ke Kids Fun lurus saja ke arah timur nanti menemukan pertigaan piyungan arah timur atau lurus saja kemudian sobat akan menjumpai jalanan yang naik dan berkelok jadi harap hati - hati ketika melewati kawasan ini. Selanjutnya sobat akan menjumpai pertigaan Gading atau dikenal pertigaan Lapangan AAU Gading. Untuk menuju kota Wonosari, sobat harus mengambil arah lurus menuju ke Bunderan Siyon. Sobat bisa memilih melewati pusat kota dengan berjalan lurus atau mengambil rute Ring Road di arah kanan. Tujuan kedua rute ini sama-sama menuju pertigaan Mulo (di pertigaan ini ada papan arah pilihan pantai yang akan sobat tuju). Selanjutnya sobat akan dihadapkan lagi pada dua pilihan jalur, yakni Jalur Tepus dan Tanjungsari.

Dari arah Tanjungsari khususnya pertigaan Mulo, sobat harus mengambil arah lurus ke arah Tanjungsari, dimana sobat akan bertemu dengan pertigaan yang terhubung dengan jalur dari arah Trowono (Jalur Selatan). Pada titik ini sobat dapat berjalan lurus, langsung menuju kawasan pantai. Dimulai dari Pantai Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, dan paling ujung Indrayanti atau Pulang Syawal.

Dari arah Tepus. Jika sobat memilih jalur dari daerah Tepus, sobat akan disuguhkan pemandangan perbukitan karet dan pedesaan. Sobat akan melewati pusat kecamatan Tepus kemudian akan menemukan pertigaan Tepus, dengan arah kiri menuju Pantai Wediombo dan Siung, sementara arah kanan menuju ke Indrayanti atau Pulang Syawal. Ambilah arah kanan karena setelah sekitar 5 km akan tiba di Pantai Indrayanti. Menuju Pantai Indrayanti memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta.

Mungkin itu dulu cotar-coret mengenai Beberapa Rute Menuju Kawasan Pantai Gunungkidul Jogja. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih. Salam sukses.