Tuesday 10 November 2015

Tahura K.G.P.A.A.Mangkunagoro I Karanganyar Jawa Tengah

Ambuecut - Selamat datang para Traveller yang dimuliakan tuhan YME. Kali ini saya akan sedikit mengulas tempat wisata yang alam sekali. Tempat ini cocok untuk kalian yang berencana ingin melakukan makrab, camping, jelajah alam, atau hanya sekedar merasakan aura perhutanan. Taman Hutan Raya atau sering disingkat TAHURA K.G.P.A.A.Mangkunagoro I ini patut untuk kalian coba, khususnya para Hammockers yang selalu membutuhkan dua wujud pohon sejajar.

TAHURA K.G.P.A.A.Mangkunagoro I merupakan satu-satunya taman hutan raya yang ada di Jawa Tengah. Tempat wisata pelestarian alam untuk menunjang pendidikan, pariwisata dan rekreasi ini berada di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian kuranglebih 1.200 mdpl tepatnya di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan disekitaran 1.200 mdpl sudah bisa terbayang bagaimana suasananya. Dingin, sejuk, asri, dan nyaman yang menemani anda saat berada lokasi tersebut.

Arah Menuju Tahura Karanganyar

Jika teman Traveller berminat untuk menggauli tempat tersebut perjalanan yang harus ditempuh dimulai dari arah Solo bisa langsung naik bus dari terminal Tirtonadi, Solo yang menuju Karanganyar atau tepatnya ke Terminal Karangpandan. Kemudian oper dari Terminal Karangpandan dan naik bus jurusan Ngargoyoso. Perjalanan ke Desa Berjo dari Karanganyar memakan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan dari Solo memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Jika teman memakai kendaraan pribadi dari Karanganyar bisa ikuti petunjuk jalan yang menuju ke Tawangmangu. Setelah sampai di terminal Karangpandan anda lurus saja. Ikuti jalan tersebut, jika ada persimpangan jalan yang apabila ke kanan menuju Tawangmangu, anda ambil saja arah kiri. Disitu anda akan melewati desa dan luasnya kebun teh. Silahkan ikuti jalan tersebut, apabila ada petunjuk jalan silahkan sobat ambil arah Candi Sukuh. Tahura K.G.P.A.A.Mangkunagoro I ini berlokasi tepat di atas Candi Sukuh.

Destinasi wisata yang ada di Tahura Karanganyar 

Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I menjadi salah satu taman wisata yang dapat menarik perhatian masayarakat dengan alasan adanya beberapa peninggalan sejarah berupa situs batu bulus, yaitu batu yang berbentuk satwa bulus. Situs ini berhubungan erat dengan situs-situs yang ada di komplek Candi Sukuh. Selain itu juga terdapat sumber mata air dan air terjun Parang Ijo yang sangat indah.

Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I yang dijadikan sebagai taman rekreasi dan lokasi penelitian juga dapat dijadikan gudang ilmu pengetahuan. Keanekaragaman flora dan fauna dapat dikembangkan sebagai media pendidikan dan penelitian. Dikawasan ini terdapat Taman Bougenvile, dengan berbagai macam spesies bunga bougenvile, yang warna warni dan menyejukkan mata. merupakan tempat yang tepat untuk meneliti keanekargaman tumbuhan yang ada disini. kita bisa berwisata alam maupun wisata sejarah disini. Beberapa bonus yang bisa anda dapatkan diantaranya Situs Cemoro Bulus, sendang raja, goa angin, goa jepang, Air Terjun Parang Ijo, dan tentunya bumi perkemahan.

Selain itu khusus untuk sobat traveller yang jago muncak, bahwa Tahura K.G.P.A.A.Mangkunagoro I merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Lawu. Jika sobat ingin suasana yang berbeda saat mendaki Gunung Lawu bisa dicoba via Tahura ini. Via Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang sudah biasakan, hehehe.

Hammock Tahura K.G.P.A.A.Mangkunagoro I Karanganyar Jawa Tengah
Ambuecut

Hammock Tahura K.G.P.A.A.Mangkunagoro I Karanganyar Jawa Tengah
Ambuecut

Hammock Tahura K.G.P.A.A.Mangkunagoro I Karanganyar Jawa Tengah
Ambuecut

Hammock Tahura K.G.P.A.A.Mangkunagoro I Karanganyar Jawa Tengah
Ambuecut

Hammock Tahura K.G.P.A.A.Mangkunagoro I Karanganyar Jawa Tengah
Ambuecut
Mohon maaf apabila foto yang di atas tidak memperlihatkan secara jelas Tempat wisata Tahura, karena memang kami ke sana hanya ingin mencari tempat untuk bermain Hammock. Terimakasih, salam sukses Ambuecut.

6 comments:

  1. Sik sik, bukannya jalan ke arah Candi Sukuh itu buntu ya Bro? Maksudnya, ujungnya cuma sampai di Candi Sukuh thok toh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee. Coba kesitu lagi aja sob. Di atas candi sukur terpampang jelas kok gapura tahura. Nek kesana lagi jangan lupa ajak-ajak saya sob. Hehehe

      Delete
  2. kira2 bulan februari jalur pendakian via tahura sudah dibuka belum ?

    ReplyDelete
  3. wah saya kurang ngerti eh mas

    ReplyDelete
  4. di area situ banyak penginapan murah gak bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau penginapan ada sih. Tapi harganya murah atau engga itu saya blm ngerti. Mending camping aja lebih aduhai. Hehehehe

      Delete

Berkomentarlah secukupnya. Dalam 1x24 Jam komentar anda akan muncul di bawah ini

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com