Wednesday 2 March 2016

Peta Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng Wonosobo Temanggung Jawa Tengah

Ambuecut - Selamat datang sobat traveller, ijinkan saya sedikit menshare mengenai Peta Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng. Jalur pendakian gunung Prau via Patak Banteng merupakan jalur paling dipilih oleh para pendaki karena jalur ini memberikan pemandangan paling indah. Untuk lengkapnya silahkan simak corat-coret di bawah ini.
Ambuecut pendaki cewek
Ambuecut

Info Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Gunung Prau adalah gunung kecil yang berada di dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Karena kecil itulah yang menjadi alasan gunung favorit bagi para pendaki pemula. Selain jalurnya yang pendek, pemandangan yang disuguhkan sungguh indah berupa pemandangan golden sunrise saat berada di puncaknya. Sepanjang trek perjalanan sampai kita akan berjumpa dengan pemandangan yang sangat indah dan tidak ada duanya. Pendakian rata-rata hanya membutuhkan 3-4 jam.

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Ketinggian yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan gunung berapi namun jalur pendakiannya pendek dan waktu perjalanan yang harus ditempuh juga singkat. Hal tersebut dikarenakan titik memulai pendakian sudah berada pada ketinggian 1.700 mdpl.

Sobat bisa melihat pemandangan dataran tinggi Dieng dan Telaga Warna dari jarak jauh. Selain itu sobat juga akan berjumpa dengan perkebunan, hutan, padang bunga Daisy. Sampai puncak gunung Prau sobat akan disuguhkan oleh Bukit Teletubies dan jika pagi tiba sobat akan mendapatkan jeckpot berupa “Golden Sunrise” gunung Prau. Golden sunrise gunung Prau inilah yang dikabarkan paling bagus se-asia tenggara. Dari situ sobat berkesempatan untuk bisa melihat pucuk banyak gunung di pulau Jawa seperti gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Slamet.

Informasi Singkat Gunung Prau

Nama: Gunung Prau
Ketinggian: 2.565 mdpl
Lokasi: Wonosobo, Temanggung, Jawa Tengah
Tipe: Gunung kecil bukan api
Kondisi: perkebunan, hutan, padang bunga daysi, bukit teletubies, kabut, suhu dingin
Jalur pendakian:Jalur Patak Banteng
Puncak: Puncak Prau View gunung lain dari puncak: Gn. Slamet, Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Lawu.
Spot alam: bukit teletubies, taman bunga daisy Flora: pinus, daisy, Nepenthes gymnamphora, Anaphalis javanica, Anaphalis maxima, Edelweis, Anggrek.
Fauna: Owa Jawa (Hylobates moloch); Elang Jawa (Nisaetus bartelsi); Macan Kumbang (Panthera pardus melas); Sigung Jawa (Mydaus javanensis); Rusa (Cervus timorensis).
Tarif pendakian: Rp 5.000/orang

Peta Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng

Peta Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng
Image by InfoPendaki.com

BASECAMP – Pos I "sikut dewo" (45 menit) 

Basecamp pendakian gunung prau via Patak Banteng berupa balai desa Patak Banteng. Dalam perjalanan menuju pos I sobat dihadang dengan jalur tangga yang menanjak. Kurang lebih 15 menit sobat harus melangkahkan kaki satu persatu lewati jalur tangga yang beralaskan bebatuan untuk menuju area perkebunan, namun jalan ini sudah rapi. Selanjutnya sobat akan dihadang dengan jalur bebatuan, namun jalan ini tidak berbentuk tangga. Setelah itu selamat sobat telah sampai pada pos I (sikut dewo).

Pos I "Sikut Dewo" – Pos II "Canggal Walangan" (45 menit) 

Dari pos I menuju pos II sobat diharuskan berjalan melewatu perkebunan pada trek yang menanjak dengan tekstur tanah padat. 

Pos II "Canggal Walangan" – Pos III "Cacingan" (45 menit)

Pada perjanan menuju pos III (cacingan) trek yang harus sobat tempuh tidak jauh berbeda dengan jalur saat sobat dari pos I menuju pos III.

Pos III "cacingan" – Puncak (45 menit)

Perjalanan dari pos III menuju Summit tidak jauh berbeda dengan keadaan jalur saat sobat melewati pos I menuju pos III. Hal ini dikarenakan hampir semua jalur pendakian menuju Prau Summit itu sama.

Selamat sobat telah sedikit mengetahui tetek bengek dari gunung Prau. So, kapan mau jalan ke sana?? Atas perhatian sobat kami ucapkan banyak terimakasih, salam sukses.

Keep Your Safety

Bawa Turun Sampahmu!!!
Siapapun yang membuang sampah di Gunung itu SAMPAH!!!

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secukupnya. Dalam 1x24 Jam komentar anda akan muncul di bawah ini

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com