Saturday 14 November 2015

Suwanting: Jalur Baru Untuk Pendakian Gunung Merbabu

beatifulindonesia.com
Ambuecut - Langsung saja kita bahas salah satu jalur pendakian Gunung Merbabu yang masih tergolong baru/anti mainstream. Banyaknya yang mendaki Gunung Merbabu yang menyebabkan gunung ini memiliki banyak jalur pendakian antara lain jalur Selo dari Magelang/Boyolali, jalur Kopeng dari Salatiga, jalur Wekas dari Magelang, dan Suwanting dari Magelang. Jalur Selo adalah jalur dengan pemandangan terindah menurut para pendaki. Konon jalur Selo ini adalah jalur yang paling banyak di gauli oleh para pendaki. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, jalur Suwanting sudah pernah dibuka pada tahun 1990 sampai tahun 1998. Namun Setelah tahun 1998 jalur tersebut ditutup. Dan pada sekitaran pertengahan Maret 2015 jalur ini dibuka kembali.

Kelebihan dari jalur pendakian ini adalah adanya sumber mata air, yang pastinya sangat membantu buat semua pendaki.

Lokasi dan Akses Menuju Basecamp Suwanting

Jalur pendakian gunung Merbabu via Suwanting terletak di dusun Suwanting, desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Lokasinya sekitar 4 km dari gardu pandang Ketep. Silahkan gunakan GPS/Smartphone anda untuk mencari basecamp ini. Apabila teman dari arah Jakarta atau jawa timur bisa melalui jalur Yogyakarta. Dari Jogja menuju kabupaten Muntilan kemudian menuju Ketep. Dari Yogyakarta teman bisa menggunakan moda transportasi bus. Apabila masih bingung silahkan saja bertanya pada penduduk setempat, dijamin mereka ramah-ramah.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting
Source: infopendaki.com

Basecamp Suwanting menuju Pos 1 di tempuh sekitaran 30 menit. Perjalanan awal meninggalkan basecamp kita akan melewati beberapa rumah warga kemudian setelah keluar dari pemukiman Trek cenderung datar agak menanjak sedikit melintasi jalan dengan pemandangan kanan kiri ladang warga. Sebelum sampai Pos 1 terdapat hutan pinus (penuh dengan pohon pinus rapat).

Pos 1

Pos 1 menuju Pos 2 di tempuh sekitar 1,5 jam. Setelah Pos 1 dan hutan pinus, trek yang ditempuh lebih berat dari sebelumnya. Jalur menuju pos 2 ini didominasi oleh vegetasi rimbun dan tanjakkan. Dari Pos 2 menuju Pos 3 memakan waktu sekitar 90 menit.

Pos 2

Pos 2 menuju Pos 3 ditempuh sekitar 2 jam. Di Pos 2 kebanyakan di gunakan para pendaki sebagai tempat untuk mendirikan tenda alias ngecamp. Di pos ini teman bisa melihat pemandangan gunung Merapi, mirip dengan pos 3 via Selo. Perjalanan menuju Pos 3 membutuhkan waktu kuranglebih 2 jam. Trek jauh lebih sulit dari sebelumnya. Sebelum sampai di Pos 3 kita akan menjumpai sumber air yang bernama “Sendang Dampo Awang”.

Pos 3

Pos 3 menuju Puncak Keteng Songo kuranglebih 1,5 jam. Di Pos 3 ini juga dijadikan tempat favorit untuk ngecamp. Dari Pos 3 ini teman-teman akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah yakni gunung Sindoro-Sumbing, Merapi dan beberapa gunung lain tampak sayup-sayup kecil. Perjalanan menuju ke puncak Keteng Songo (Triangulasi) teman akan melewati beberapa bukit dengan tumbuhan rumput yang rimbun. Perbukitan tersebut sering disebut “sabana”.

Dari Pos 3 menuju puncak teman akan melewati sabana 1, sabana 2, dan sabana 3. Sabana via jalur Suwanting sama cantiknya dengan sabana via Selo. Hanya 1,5 jam saja untuk summit attack dari Pos 3. Apabila ditotal maka akan didapat hasil dari kalkulasi: Basecamp Suwanting – Pos 1 (30 menit) Pos 1 – Pos 2 (1,5 jam) Pos 2 – Pos 3 (2 jam) Pos 3 – Puncak Keteng Songo (1,5 jam) TOTAL = 5 jam 30 menit  – 7jam untuk perjalanan naik. Sedangkan perjalanan turun sekitar 4-5 jam.

Bagaimana? Apakah teman minat untuk trek Merbabu via Suwanting ini?
Mungkin itu dahulu dari kami. Apabila ada salah kami mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih.

Source: http://infopendaki.com

Keep Your Safety

Bawa Turun Sampahmu!!!
Siapapun yang membuang sampah di Gunung itu SAMPAH!!!

1 comment:

  1. gan kalau mau muncak barang" harus ditinggal di pos3 kah?

    ReplyDelete

Berkomentarlah secukupnya. Dalam 1x24 Jam komentar anda akan muncul di bawah ini

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com