Monday 22 February 2016

Jalur Pendakian Gunung Merapi

Ambuecut - Gunung merapi merupakan salah satu gunung api yang mempunyai daya rusak yang tinggi dan paling aktif diantara sekian banyak gunung api yang terletak di Indonesia serta merupakan salah satu gunung terganas di dunia. Gunung Merapi dengan ketinggian sekitar 2.968 mdpl terletak di 2 provinsi yaitu, di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Gunung merapi terletak berdampingan dengan Gunung Merbabu. Nama puncaknya adalah puncak Garuda, tapi puncak garuda itu telah hilang karena letusan merapi pada tahun 2010 yang merupakan bongkahan batu besar dengan bentuk mirip burung garuda. Untuk mencapai puncak Gunung Merapi kita bisa melewati dua jalur utama, lewat Kinaharjo/Kaliurang dan lewat Selo/Boyolali, tetapi Jalur pendakian Kaliurang di tutup sementara sejak Bulan Nopember 1995. Hal ini menandakan bahwa jalur pendakian Selo adalah jalur satu-satunya summit attack Merapi Montain.

Jalur Pendakian Gunung Merapi Via Selo Boyolali

Selo adalah salah satu desa di kabupaten Boyolali. Untuk mencapainya bisa melalui jalur Muntilan atau Boyolali. Jika dari Yogyakarta tujulah ke pasar Muntilan dari sana ambil arah kanan. Jika dari Boyolali bisa berenti di terminal Boyolali lalu ke arah Cepogo lalu Selo. Jika dari arah Semarang bisa menuju pasar Ampel lalu menuju Cepogo dan Selo. Di jalan jangan sungkan untuk tanya kepada orang. Kalau ada GPS atau google maps ya tentunya bisa dimanfaatkan.

Basecamp paling terkenal di Selo adalah basecamp Barameru. Sekitar 100-200m dari basecamp sobat bisa menemukan warung-warung makan dan angkringan. Bahkan pom bensin dan swalayan letaknya pun tidak jauh. Sampai di basecamp beristirahat dan segera lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jalur Selo adalah jalur tunggal naik Merapi, maka biasanya di jalur ini sangat padat tak hayal bascame bakalan sesak karena antrian pendaftaran.

Peta Pendakian Gunung Merapi Via Selo

Untuk peta bisa lihat gambar di bawah ini.
Jalur Pendakian Gunung Merapi
Peta Pendakian Merapi
Jika di kalkulasikan perjalanan menuju puncak merapi kuranglebihnya memakan waktu:
Basecamp – New Selo (30 menit)
New Selo – Pos I (2 jam)
Pos I – Pos II (1 jam)
Pos II – Watu Gajah (1 jam)
Watu Gajah – Pasar Bubrah (30 menit)
Pasar Bubrah – Puncak (1 jam)
TOTAL adalah 6 jam.
Untuk pendakian gunung Merapi memang tidak bisa berpatok pada itinerary. Karna biasanya ada kondisi-kondisi yang diluar dugaan terjadi. Jika dalam anggota kelompok ada pendaki wanita atau pendaki yang kondisi fisik lemah (gampang capek) maka waktu pendakian bisa sampai 8-9 jam. Tidak sedikit pula pendaki yang berhenti di tengah jalan karena tidak kuat. Namun tenang saja karena pendakian gunung Merapi pada dasarnya mudah. Treknya hanya satu jalur dan tidak terlalu panjang. Hanya saja treknya adalah batu-batu besar dan krikil. Untuk waktu turun gunung bisa mencapai 4jam paling cepat – 7jam.

Mungkin itu sepintas coretan mengenai Jalur Pendakian Gunung Merapi. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Source: http://infopendaki.com/jalur-pendakian-merapi-via-selo/


Keep Your Safety

Bawa Turun Sampahmu!!!
Siapapun yang membuang sampah di Gunung itu SAMPAH!!!

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secukupnya. Dalam 1x24 Jam komentar anda akan muncul di bawah ini

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com