Sunday 3 January 2016

Pendakian Gunung Cikuray via Bayongbong

Pendakian gunung Cikuray via Bayongbong adalah pendakian cikuray dengan jalur terberat. Banyak dari para pendaki yang mengakui bahwa jalur Bayongbong memang berat dengan treknya curam dan terjal. Namun begitu jalur Bayongbong adalah jalur terpendek ketimbang dua jalur cikuray lainnya.

Jalur Bayongbong terletak di kecamatan Bayongbong, kabupaten Garut. Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi keempat di jawa barat. Gunung ini memiliki ketinggian sedang yakni 2.821 mdpl (meter di atas permukaan laut). Bagi para pendaki maupun wisatawan dari daerah jawa barat, maupun ibu kota Jakarta, Gunung Cikuray sudah sangat terkenal dan menjadi objek pendakian yang menyenangkan. Selain aksesnya mudah, ketinggiannya juga sedang dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendakinya. Akses menuju basecamp pendakian tidaklah sulit.

Daerah kaki gunung Cikuray sudah cukup dikenal bagi kalangan masyarakat Garut. Untuk menuju ke basecamp para pendaki bisa mengandalkan moda transportasi angkutan maupun ojek. Kebanyakan dari sopir atau tukang ojek sudah paham betul akses menuju basecamp Bayongbong.

TRANSPORTASI
Dari arah jawa timur/jawa tengah dsb bisa menggunakan kereta api lalu turun di Bandung tepatnya di Stasiun Kiara condong. Dari Kiara condong Bandung lanjut memakai moda transportasi angkot/bis/elf ke Garut biaya sekitar 25rb. Kemudian Turun di terminal Guntur daerah Garut/ selanjutnya menuju basecamp Bayongbong dengan ojek (sekitar 15rb) atau sewa angkot jika rombongan.

WAKTU YANG DITEMPUH
Basecamp/pos 1 – Pos 2 Paparete (1 jam)
Pos 2 – Pos 3 Kandang bagong (2 jam)
Pos 3 – Pos 4 Chatell (30 menit)
Pos 4 – Pos 5 Plesetan (1 jam)
Pos 5 – Pos 6 Sanghyang bengkonang (45 menit)
Pos 6 –Cikuray Summit (30 menit)

Total pendakian kurang lebih sekitar 6 jam. Perjalanan turun gunung kurang lebih 50% dari perjalanan naik sekitar 3 jam. Kebanyakan para pendaki memilih puncak cikuray sebagai tempat mendirikan tenda. Di sekitar puncak banyak spot/tempat kosong dan pohon yang bisa untuk mendirikan tenda. Biasanya pendaki mendirikan tenda dan paginya langsung menikmati sunset dari puncak tanpa harus mendaki lagi.

Uniknya, di puncak tak jarang ada yang jualan (stiker, suvenir dll). Terdapat pula bangunan dari semen yang dinamakan shelter cikuray (2821 mdpl) yang dianggap juga sebagai patok penanda puncak di gunung Cikuray.

Okey mungkin itu sedikit yang bisa kami sampaikan. Jika sobat ingin melakukan pendakian usahakan memiliki badan dalam keadaan fit.

Semuanya bersumber dari : http://infopendaki.com/gunung-cikuray-via-bayongbong/

Keep Your Safety

Bawa Turun Sampahmu!!!
Siapapun yang membuang sampah di Gunung itu SAMPAH!!!

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secukupnya. Dalam 1x24 Jam komentar anda akan muncul di bawah ini

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com