Friday 10 June 2016

Peta dan Jalur Pendakian gunung Cikuray via Bayongbong

Pendakian gunung Cikuray via Bayongbong adalah jalur pendakian gunung Cikuray terberat. Tidak sedikit dari para pendaki yang mengakui bahwa jalur Bayongbong memang berat dengan trek yang curam dan terjal. Namun begitu jalur Bayongbong adalah jalur terpendek dibandingkan dengan dua jalur cikuray lainnya.
Jalur Bayongbong terletak di kecamatan Bayongbong, kabupaten Garut.
Akses menuju basecamp pendakian cukup mudah. Daerah kaki gunung Cikuray sudah cukup dikenal bagi kalangan masyarakat Garut dan sekitarnya. Untuk menuju ke basecamp sobat bisa mengandalkan moda transportasi angkot maupun ojek. Kebanyakan dari sopir atau tukang ojek sudah paham betul akses jalan menuju basecamp. Jadi sobat tidak usah kawatir.

TRANSPORTASI Menuju Basecamp Bayongbong

1. Dari arah jawa timur/jawa tengah dan sekitarnya bisa menggunakan mode transportasi kereta api lalu turun di Bandung (Stasiun Kiara condong).
2. Dari Kiara condong Bandung – lanjut angkot/bis/elf ke Garut (sekitar 25rb).
3. Kemudian Turun di terminal Guntur (Garut) – menuju basecamp Bayongbong dengan ojek (sekitar 15rb) atau sewa angkot jika sobat berangkat secara rombongan.

Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi keempat di jawa barat. Gunung ini memiliki ketinggian sedang yakni 2.821 mdpl (meter di atas permukaan laut). Bagi para pendaki maupun wisatawan dari daerah jawa barat, maupun ibu kota Jakarta, Gunung Cikuray sudah sangat terkenal dan menjadi objek pendakian yang menyenangkan. Selain akses yang dibilang mudah, ketinggiannya juga sedang dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendaki menuju summit.
Tiket masuk untuk melakukan pendakian sebesar RP. 10.000,-

Terdapat 6 pos yang harus sobat lalui sebelum sampai ke summit Cikuray. Masing masing adalah pos 1 Basecamp. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Pos 2 (Paparete). Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Pos 3 (Kandang bagong). 30 menit sepertinya cukup untuk sobat mencapai Pos 4 (Chatell). Butuh waktu 1 jam untuk sampai ke Pos 5 (Plesetan). Pos terakhir atau Pos 6 (Sanghyang bengkonang) dari gunung Cikuray dibuhkan waktu sekitar 45-60 menit. Dari pos terakhir dibutuhkan waktu skitar 30 menit untuk sampai di Cikuray Summit.

Peta pendakian gunung Cikuray bisa lihat di bawah ini yang saya ambil dari infopendaki.com.




0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah secukupnya. Dalam 1x24 Jam komentar anda akan muncul di bawah ini

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com